A.
10 kriteria buku teks yang berkwalitas menurut pendapat
Greene dan Petty
1.
Buku teks itu
haruslah menarik minat anak-anak, yaitu para siswa yang mempergunakannya.
2.
Buku teks itu haruslah mampu memberi motivasi kepada
para siswa yang memakainya.
3.
Buku teks itu haruslah memuat ilustrasi yang menarik
hati para siswa yang memanfaatkannya
4.
Buku teks itu seyogyanya mempertimbangkan aspek-aspek
linguistik sehingga sesuai dengan kemampuan para siswa yang memakainya.
5.
Buku teks itu isinya haruslah berhubungan erat dengan
pelajaran-pelajaran lainnya, lebih baik lagi kalau dapat menunjangnya dengan
rencana, sehingga semuanya merupakan suatu kebulatan yang utuh dan terpadu.
6.
Buku teks itu haruslah dapat menstimulasi atau
merangsang aktivitas pribadi para siswa yang menggunakannya.
7.
Buku teks itu haruslah dengan sadar dan tegas
menghindari konsep-konsep yang samar-samar dan tidak biasa, agar tidak sempat
membingungkan para siswa yang memakainya.
8.
Buku teks itu haruslah mempunyai sudut pandang atau
point of view yang jelas dan tegas sehingga pada akhirnya menjadi sudut pandang
para pemakainya yang setia.
9.
Buku teks haruslah mampu memberi pemantapan, penekanan
pada nilai-nilai anak dan orang dewasa.
10. Buku
teks itu haruslah dapat menghargai perbedaan-perbedaan pribadi para siswa
pemakainya.
(Greene dan Petty dikutp Tarigan, 2009:20-21)